Cek PIP 2022 Kapan Cair Tanggal Berapa? Begini Cara Mencairkannya

Samudranesia.id– Pemerintah indonesia selaku penyelenggara kelangsungan hajat hidup masyarakat, akan menyalurkan berupa bantuan langsung kepada warga yang berhak menerimanya khususnya di bidang pendidikan strata menengah yakni PIP. Sedangkan kepanjangannya merupakan ‘Program Indonesia Pintar’ terbaru dari Kemendikbud RI.

Pembagiannya sendiri akan di salurkan kepada mereka para siswa mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan juga Sekolah Menengah Atas (SMA). Adapun jumlah yang bisa di terima oleh per satu siswa/siswi sebanyak Rp 1.000.000 (Satu Juta Rupiah).

Bukan hanya memperoleh uang tunai saja sebagai pembiayaan SPP dan semacamnya, akan tetapi ada tambahan-tambahan lainnya yakni berupa perluasan akses dalam kesempatan belajar kepada anak-anak yang kurang mampu dari segi finansial. Harapannya sih semoga program ini dapat tersalurkan dengan sangat baik terhadap siswa-siswa yang memang sangat membutuhkan.

Kalaupun kamu memang sedang mencari informasi lengkapnya terkait dengan adanya ‘Program Indonesia Pintar’, kebetulan sekali mimin kali ini akan mengupasnya sampai selesai jadi sebaiknya simak dulu deh seluruh kupasannya sampai akhir penutupan. Siapa tahu saja kamu merupakan salah satu orang yang akan mendapatkan bantuannya.

Kapan PIP 2022 Cair?

Kapan PIP 2022 Cair

Sebelum kalian semua akan mencari tahu tentang penerimaan bantuan PIP, melalui pemerintah pusat akan menyalurkannya melalui kementrian pendidikan dan kebudayaan (kemendikbud) republik indonesia. Proses dalam pencairannya sendiri di mulai pertanggal 11 April 2022.

Sedangkan tahap selanjutnya di buka kembali pada 1 Mei 2022 PIP Untuk para peserta terbaru, yang dapat memunculkan sebuah tanya besar adalah apakah akan berkelanjutan seterusnya penyaluran bantuan tersebut. Kepada para siswa maupun siswi yang kurang mampu dari segi pembiayaan sekolah tadi.

Nah menurut data-data yang sudah mimin peroleh melalui kemendikbud pusat di propinsi jakarta, bahwasannya penerima bantuan seluruhnya yakni 17.927.308 siswa dan siswi di wilayah negara indonesia. Mulai dari jenjang tingkatan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan juga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Baca Juga  Aplikasi Ipot Error Hari Ini ? Ini Dia Penyebabnya + Cara Mengatasinya !

Daftar-daftarnya yaitu :

  1. Sekolah Dasar >> 10.360.614 Siswa/Siswi.
  2. Sekolah Menengah Pertama >> 4.369.968 Siswa/Siswi.
  3. Sekolah Menengah Atas >> 1.367.559 Siswa/Siswi.
  4. Sekolah Menengah Kejuruan >> 1.829.167 Siswa/Siswi.
  5. Seluruh Penyaluran Bantuan >> 17.927.308 Siswa dan siswi semua yang ada di wilayah indonesia.

Menurut sumber informasinya bahwa alur pembagian sudah mencapai sebanyak 10.207.650 bagi peserta didik, artinya masih ada sisa kuota yang belum tersalurkan secara merata yakni sebanyak 7.719.658 sebagai akhir distribusi bantuan sekolah. Dalam program pemerintah berbentuk PIP Bantuan Langsung 2022.

Sedangkan daftar para pelajar-pelajar yang belum menerimanya adalah :

  1. Sekolah Dasar >> 4.791.775 Siswa dan Siswi.
  2. Sekolah Menengah Pertama >> 1.305.955 Siswa dan Siswi.
  3. Sekolah Menengah Atas >> 683.753 Siswa dan Siswi.
  4. Sekolah Menengah Kejuruan >> 938.280 Siswa dan Siswi.

Ada kemungkinan penyaluran berikutnya segera di lakukan secepat mungkin, namun masih belum juga di berikan kabar yang sesungguhnya dari pihak Kemendikbud. Oleh karena itulah sebaiknya kamu mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin juga termasuk seluruh persyaratan-persyaratannya teman-teman.

Cara Cek Penerima PIP 2022 untuk SD sampai SMA

Cara Cek Penerima PIP 2022 untuk SD sampai SMA

Nah untuk bisa memastikan apakah nama kamu sudah terdaftar sebagai calon penerima bantuan PIP, mendingan coba kalian cek langsung keberadaannya kalau pun masih belum memahami cara penggunaannya. Lihat saja cara praktis di bagian bawah sini.

  1. Pertama sambungkan terlebih dahulu perangkat kalian masing-masing ke jaringan internet yang lancar.
  2. Setelah itu kamu masuk ke browser dan ketik di kolom pencarian ‘pip.kemendikbud.go.id’ lalu tekan enter maupun ok.
  3. Setelah bagian situsnya telah muncul keluar maka langsung mencari fitur ‘Cari Penerima PIP’ yakni tinggal di geser saja ke bagian paling bawah.
  4. Kemudian kalian segera memasukkan NISN, Tnggal kelahiran, berikut juga nama asli ibu kandung kamu.
  5. Dan terakhir tekan sebuah tombol ‘Cari’
  6. Tunggu sampai proses pencarian oleh sistem kelar dengan sendirinya.
Baca Juga  9 Hosting Murah Indonesia yang Recomended dan Berkualitas

Perlu kalian ketahui bersama bahwa jika nama kamu memang tidak muncul keluar di situ, pertanda nama tersebut belum tercantum sebagai calon siswa maupun siswi yang akan menerima bantuan PIP Pemerintah Indonesia. Terkadang muncul benak keingin tahuan para siswa maupun siswi bagaimana sih agar bisa mendapatkannya?

Baiklah mimin akan sedikit uraikan supaya kamu dapat memahaminya lalu memenuhi seluruh kriteria yang akan di ajukan, minimalnya sudah memiliki kartu aktif berupa KIP atau ‘Kartu Indonesia Pintar’. Barulah setelah itu mendaftarkan diri lewat sekolah masing-masing di tiap-tiap daerah setingkat kabupaten maupun kota.

Melalui rekapan yang akan diseleksi pihak sekolah akan mempertimbangkan lebih lanjut, apakah memang diri kamu merupakan siswa tidak mampu dan layak serta berhak mendapatkan bantuan PIP Pemerintah ataukah tidak. Tentunya ada survey yang akan di lakukan secara mendetail tidak asal-asalan begitu saja.

Ketika kamu sudah mendapatkan kabar dari pengelola sekolah, dan nama mu sudah terdaftar sebagai calon penerima bantauan Pemerintah PIP 2022. Kini tinggal menunggu konfirmasi lanjutan melalui pengumuman resmi di websitenya kemendikbud termasuk berita tanggal pencairannya.

Cara Mencairkan Dana dari PIP 2022

Cara Mencairkan Dana dari PIP 2022

Sedangkan dalam melakukan pencairan dana bantauan PIP bisa dengan menggunakan dua cara, bisa melalui perorangan yang mana datang langsung ke bank yang sudah di tunjuk pemerintah bersama membawa alat-alat bukti sahnya. Maupun di serahkan ke sistem kolektif per kelompok nantinya juga akan di serahkan ke peserta didik.

Alternatif pengambilan dana melalui kolektif di peruntukkan bagi mereka siswa/siswi yang tempat tinggalnya jauh dari bank, maupun akses transportasinya begitu terbatas sehingga memerlukan pihak ketika sebagai penyalurnya. Tentunya sudah di sepakati antara kepala sekolah, lembaga setempat, serta bendahara sekolah tersebut.

Baca Juga  100+ Nama Anak Perempuan Jawa Keraton dan Artinya (Lengkap)

Adapun pihak bank yang sudah bekerja sama memberikan layanan berupa bantuan PIP, hanyalah bank BUMN milik pemerintah yakni BRI bersama dengan BNI tapi ada ketentuan-ketentuannya. Terutama bagi kamu pemilik KIP setingkat Sekolah Dasar/Sekolah Menengah Pertama/Sekolah Menengah Kejuruan.

Pencairannya di berikan melalui Bank BRI seluruh indonesia berikut juga dengan semua cabang-cabangnya, sedangkan buat kamu yang merupakan siswa dan siswi Sekolah Menengah Atas. Untuk pengambilan uang bantuannya lewat Bank BNI pun sama di seluruh wilayah indonesia.

Cara Mencairkan Dana PIP Di Bank BRI

Cara Mencairkan Dana PIP Di Bank BRI

Apabila kamu sendiri merupakan siswa/siswi yang sudah menjadi anggota KIP, lalu telah resmi terdaftar di dalam situsnya kemendikbud sebagai calon penerima bantuan PIP. Maka langkah berikutnya adalah melakukan pencairan dana.

Bila memang kalian semua masih belum begitu mengetahuinya, tenang saja karena akan mimin beritahukan seluruh tipsnya sedangkan bagi kamu pencairannya di lakukan pada Bank BNI tidaklah jauh berbeda syarat-syarat maupun ketentuannya.

Adapun syarat-syarat utamanya yaitu :

  1. Harus memiliki surat keterangan Kepala Sekolah resmi atau dari Ketua Lembaga Setempat.
  2. Membawa Fotocopy Kartu Keluarga dan juga KTP Orang Tua kandung bagi penerima strata Sekolah Menengah Atas serta Sekolah Menengah Pertama.
  3. Fotocopy Kartu Pelajar dan membawa serta yang aslinya sebagai bukti.
  4. Apabila siswa/siswi yang berdomisili jauh dari keberadaan orang tua kandung, bisa dengan menyertakan surat keterangan tambahan dari Kepala Sekolah bertandatangan.
  5. Tinggal langsung pergi ke kantor cabang bank bri maupun bni terdekat di kota mu.
  6. Lalu sampaikan maksud dan tujuan kalian semua ketika akan melakukan Bantuan Pencairan Dana PIP.

Akhir kata

Demikianlah tadi sedikit ulasan singkat yang bisa kita sampaikan mengenai, Cek PIP 2022 Kapan Cair Tanggal Berapa dan Cara Mencairkannya.

Dan semoga saja dapat memberikan suguhan info yang sangat bermanfaat buat kalian semua, khususnya yang sudah bersedia mampir kemari lalu membaca seluruh kupasannya sampai dengan selesai. Sampai berjumpa kembali ..

Default image
Rizky Famz
Articles: 698